PROPOSAL PENDAMPINGAN

MADRASAH PELAKSANA PEMBELAJARAN PAIKEM

A.     LATAR BELAKANG

Dewasa ini banyak para ahli di bidang pendidikan yang  berpendapat bahwa proses pembelajaran di sekolah sampai saat ini cenderung berpusat kepada guru. Tugas guru adalah menyampaikan materi-materi pembelajaran ( transfer of knowledge), dengan cara yang kurang upto date. Oleh karena itu seorang guru dituntut untuk selalu mengikuti berbagai perubahan peraturan pendidikan, metode pembelajaran dll.

Berbagai peraturan yang ditetapkan oleh pemerintah harus bisa kita pahamio dengan sebaik-baiknya. Diantaranya adalah adanya  Permendiknas Nomor 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses menyatakan bahwa dalam kegiatan inti pembelajaran merupakan proses untuk mencapai Kompetensi Dasar (KD) yang harus dilakukan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemadirian sesuai denganbakat, minat, dan perkembangan fisik dan psikologis peserta didik. Kegiatan pembelajaran ini dilakukan secara sistematis dan sistemik melalui proses eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi.

PAIKEM merupakan salah satu metode pembelajaran untuk menciptakan pembelejaran Aktif, Inspiratif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan. Dalam PAIKEM digunakan prinsip-prinsip pembelajaran berbasis kompetensi. Pembelajaran berbasis kompetensi adalah pembelajaran yang dilakukan dengan orientasi pencapaian kompetensi peserta didik. Sehingga muara akhir hasil pembelajaran adalah meningkatnya kompetensi peserta didik yang dapat diukur dalam pola sikap, pengetahuan, dan keterampilannya.

Pemahaman para Guru di MIN Saren akan Pembelajaran PAIKEM masih sangat terbatas, mengingat kecilnya kesempatan yang dimiliki oleh guru untuk mengikuti penataran, workshop maupun kegiatan yang sejenis baik yang dilaksanakan oleh kementerian agama maupun intansi yang lain. Oleh karena itu MIN Saren mengadakan kegiatan Pendampingan Madrasah pelaksana Pembelajaran PAIKEM

B.     TUJUAN

Tujuan pelaksanaan pendampingan Madrasah Pelaksana Pembelajaran PAIKEM adalah :

1.      Meningkatkan pemahaman guru akan pentingnya  pembelajaran PAIKEM meliputi  tujuannya, prinsip-prinsipnya dan karakteristiknya.

2.      Guru dapat menerapkan dan mengaplikasikan pembelajaran PAIKEM di Kelas, sehingga bisa memaksimalkan semua potensi sekolah dan Murid

C.     WAKTU DAN TEMPAT

1.      Waktu

Pendampingan Madrasah pelaksana Pembelajaran PAIKEM direncanakan selama 2 tahun dan diawali dengan sosialisasi program pada tanggal 22 Februari 2012, dan selanjutnya dilaksanakan setiap minggu ke tiga. Selama 2 tahun

2.      Tempat

Tempat pelaksanaan Pendampingan Madrasah pelaksana Pembelajaran PAIKEM adalah di MIN Saren meliputi kelas I – kelas VI

D.     PEMATERI

Pemateri atau pendamping Madrasah Pelaksana Program Pembelajaran PAIKEM adalah Bp. Dr. Rohmadi dari Univrsitas Sebelas Maret Surakarta

E.      BIAYA

Biaya pelaksanaan Pendampingan Madrasah Pelaksana Program pembelajaran PAIKEM dibebankan pada Bantuan Operasional Sekolah ( BOS ) MIN Saren Tahun 2012 dan 2013

F.      PENUTUP

Demikian proposal ini kami susun sebagai acuan dan dasar pelaksanaan pendampingan Madrasah pelaksana Pembelajaran PAIKEM, dan semoga bermanfaat bagi kemajuan proses pembelajaran di MIN Saren

Saren, 10 Februari 2012

Kepala

Muh. Rosyid Ridho, S.Ag

NIP. 197406251998031003